Monday, April 13, 2009

Plugin Wordpress yang Cocok untuk SEO


Bagi anda yang memakai Wordpress untuk website / blognya, Pada tips kali ini, saya ingin menshare beberapa SEO Plugin Wordpress yang dapat membantu website / blog Wordpress anda nampil di halaman awal hasil pencarian Google atau Yahoo. Beriku daftar SEO Pluginnya, dalam daftar ini saya akan memberi review pendek dari setiap SEO Plugin yang saya rekomendasikan, sehingga rekan semua mempunyai gambaran untuk memutuskan apakah membutuhkannya atau tidak.

1. All in One SEO Pack
SEO Plugin Wordpress paling penting yang anda harus gunakan di blog Wordpress. Plugin ini memungkinkan anda untuk men-setting spesifik Title tag, Meta deskripsi (meta description) dan meta keyword untuk setiap posting. Tidak hanya itu, andapun mempunyai pilihan untuk menggunakan Robot meta tag untuk bagian-bagian dalam blog yang tidak ingin ter-indeks mesin pencari.

2. Robots Meta
Plugin ini bertugas untuk memberitahu kepada crawler search engine tentang bagian mana dari blog kita yang harus dikunjungi atau diindex. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya “duplikat konten semu” akibat salah index oleh crawler.

3. SEO Smart Links
Salah satu faktor penting dalam SEO adalah struktur internal link dalam blog. Semakin banyak link yang kita tujukan ke halaman tertentu dari blog kita, itu berarti halaman tersebut kita anggap lebih penting dari halaman lain dari blog kita. Nah, search engine sangat suka dengan blog yang terstruktur seperti ini. Trus apa hubungannya dengan SEO Smart Links? Plugin ini berfungsi untuk membantu kita mengarahkan keywords yang diinginkan (misalnya Plugin SEO) menuju ke halaman tertentu. Setiap kali ada kata "Plugin SEO” maka secara otomatis akan dibuatkan link ke arah halaman yang telah diset sebelumnya. Jadi kita tidak lagi ribet men-set link secara manual.

4. SEO Friendly Images
Seperti kita tahu bahwa penggunaan tag pada gambar sangat penting dalam SEO. Nah, plugin ini berfungsi untuk mempermudah tugas blogger dalam membuat tag pada gambar sehingga membuat blog kita menjadi lebih search engine friendly.

5. Head Meta Description Plugin
Plugin ini akan mencomot 20 kata pertama dari Paragraf awal anda dan dijadikan deskripsi dari artikel anda, Plugin WOrdpress ini selain berperan sebagai Plugin SEO, juga dapat menghemat waktu anda tanpa perlu menulis deskripsi untuk tiap posting. Namun jika anda sudah memilih plugin ALL In One SEO Pack maka anda tidak memerlukan plugin ini, akan peranannya sama, juga sebaliknya. Jika anda mempunyai plugin Head Meta Description ini maka anda tidak perlu plugin ALL IN ONE SEO PACK.

6. Category Base Killer
Jika permalink blog anda di set seperti ini /%category%//%postname%/ dan dalam satu posting anda mempunyai lebih dari satu kategori, misalnya :
http://www.myblog.com/category/category_name/post_title.htm

Menjadi:
http://www.myblog.com/category_name/post_title.htm

7. Paginated Comments
Jika blog rekan mempunyai banyak komentar di setiap postingnya maka rekan memerlukan plugin paginated comments agar menjadi SEO Friendly. Rekan dapat menseting title tag untuk setiap komentar, termasuk meta deskripsi dan meta keyword. Anda dapat melakukan ini berdasarkan ukuran dan jumlah komentar. Sekali setiap blog yang mempunyai banyak komentar membutuhkan SEO Plugin Wordpress ini.

8. Nofollow Case by Case
Plugin ini berfungsi untuk menjadikan komentar yang ada di blog menjadi tidak “nofollow”. Tentu kita tahu bahwa komen yang dibuat menjadi “nofollow” tidak memberikan share page rank, sehingga kurang bermanfaat. Nah, dengan plugin ini maka blog kita bisa menjadi tempat untuk mencari backlink sehingga menarik bagi bloggers lain untuk memberi komentar. Hal ini tentu lebih membuat rame blog kita.

9. Google XML Sitemaps
SEO Plugin Wordpress yang secara otomatis mencitapkan Sitemap XML yang valid bagi Blog anda. Anda dapat melakukan set seperti prioritas untuk kategori, update dan banyak lagi. Di antara semua plugin Google Sitemap Wordpress yang sejenis, plugin Google XML ini yang paling oke!

10. Google Analyticator
Jika anda ingin menempatkan kode Google Analytics di semua halaman blog wordpress anda, maka SEO Plugin Wordpress dapat anda manfaatkan. Plugin Google Analyticator ini akan memonitor kemajuan dari trafik organik via Google Analytics dan memantau dari mana pengunjung anda datang dan apa saja yang mereka lakukan saat mampir di blog anda.

11. Google SERP Checking Plugin
Plugin ini saya rekomendasikan karena ia akan memberi laporan posisi blog dan halaman blog anda untuk sejumlah keyword di hasil pencaharian, plugin ini selain sebagai SEO Wordpress Plugin juga berguna untuk menghemat waktu anda untuk mengecek posisi blog pada sejumlah keyword tertentu.

12. Wordpress Reciprocal Links
Plugin SEO Wordpress ini berguna bagi mereka yang ingin mengkontrol rekiprokal links (link 2 arah), atau tukeran link pada halaman-halaman tertentu dalam blog Wordpress. Ini cara yang bagus untuk Link Building.

13. Yet Another Relevant Post Plugin
Plugin SEO Wordpress ini banyak di favoritkan, peranannya seperti umumnya plugin related post yaitu menempatkan sejumlah artikel yang sejenis di bagian bawah setiap posting. Di mana plugin ini berfungsi untuk menciptakan struktur internal linking.

14. KB Robots
Plugin Ini bagus untuk SEO bagi Wordpress anda. Ini memungkinkan anda untuk melakukan kendali dan editing file Robot.txt melakukan seksi Administrasi Wordpress.

15. Permalinks Moved Permanently
Plugin ini juga berfungsi untuk me-redirect suatu permalink yang sudah rusak atau sudah diubah menuju ke permalink yang baru. Dengan plugin ini, sebuah permalink yang baru saja diubah akan tetap diindex oleh search engine.

16. SEO Slugs
Misalnya kita mempunyai posting berjudul “Cara Untuk Meningkatkan PageRank”, maka secara otomatis permalinknya adalah: /cara-untuk-meningkatkan-pagerank. Dengan SEO Slugs maka permalink kita bisa secara otomatis menjadi /cara-meningkatkan-pagerank, tanpa kata penghubung “untuk”. Penghilangan kata hubung seperti itu berguna agar blog kita lebih search engine friendly, karena search engine biasanya menghindari adanya kata penghubung.

17. Sociable
Merupakan Plugin Social bookmark yang berfungsi untuk menyebarkan posting/artikel saya keseluruh internet.

18. Redirection
Plugin ini berguna untuk mengatasi masalah akibat terjadinya kerusakan permalink (URL). Kerusakan permalink sering terjadi bila kita mengedit postingan lama, melakukan upgrade wordpress atau berpindah hosting. Bila permalink rusak maka pengunjung tidak akan dapat menemukan halaman blog yang ingin dikunjungi. Tentu ini merupakan sebuah kerugian karena mengurangi jumlah traffic. Nah, dengan Redirection plugin, maka pengunjung akan diarahkan ke permalink baru sehingga mereka bisa menemukan alamat URL yang dimaksudnya.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Post a Comment