Saturday, April 18, 2009

Cara Mengamankan Komputer Anda

Pada era sekarang, yang namanya Internet, hampir digunakan oleh seluruh penghuni bumi kita ini. Baik itu untuk keperluan pribadi, bisnis, sekolah, dll. Dengan adanya Internet ini tentu saja mempermudah kita dalam melakukan aktivitas yang bersifat online, seperti membeli barang secara online, dan aktivitas - aktivitas banking.

Tetapi sering kali aktivitas - aktivitas online tersebut mengundang para hacker dan cracker untuk melakukan tindakan kriminal. Oleh kareng itu kita perlu meningkatkan security pada platform kita dalam melakukan aktivitas online ini, berikut ini langkah - langkah untuk meningkatkan security platform kita :

1. Selalu melakukan "back up" pada data / informasi penting kita, dan sebaiknya hasil "back up" tersebut disimpan di tempat yang lebih aman.

2. Melakukan Update pada operating system, browser dan software - software yang berkaitan.

3. Pastikan antivirus anda terinstal, dan "up-to-date" pastinya

4. Aktifkan Firewall komputer anda, atau dengan menambahkan suatu software yang menyediakan jasa Firewall, seperti Norton Internet Security, yang telah menyediakan fitur Firewall.

5. Setting tingkat security browser anda khususnya fitur "Trusted Sites Zone" pada tingkat High / Medium.

6. Jangan pernah membuka email yang tidak anda kenal penggirimnya atau link - link yang berbau porno atau sejenisnya.

7. Jangan pernah menjalankan program / aplikasi yang tidak anda tau sumbernya, karena biasanya program / aplikasi tersebut menyimpan Virus / Malware / Spyware.

8. Men-disable fitur "hidden extension" pada Windows anda, agar anda dapat melihat ekstensi file yang gk biasanya(bisa saja itu adalah Virus).

9. Matikan(disconnect) koneksi jaringan komputer anda, pada saat anda tidak menggunakannya.

Inilah ke-9 cara yang dapat saya sharing untuk mengamankan komputer kita..
Semoga dapat meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan anda dalam melakukan aktivitas online.. ^^

Related Posts by Categories



0 komentar:

Post a Comment